Pages

Selamat datang di blog Sunda Kecil, temukan berbagai data arkeologi, budaya lokal, serta spesifikasi Geografis di situs ini

Pura Dalem Beji



Koordinat                      : S 08 05 01,47 S 115 08 02,6
Elevasi                         : 33 m dari muka laut
Objek                           : Pura
Bahan                          : Bata
Masa/periodesasi        : Sejarah
Abad                            :
Tanda alami                : jalan raya menuju pelabuhan Sangsit, dikelilingi sawah
Pemilik lahan              : Masyarakat
Pemilik Objek             : Masyarakat
Kondisi                        : Tertata
Pemanfaan sekarang : Ibadah dan wisata

Diskripsi situs              :

Secara administrasi terletak di Desa Sangsit 8 km, Kecamatan Sawan, sebelah Timur Singaraja, Kabupaten Buleleng. Pura yang dimiliki oleh karma/anggota subak desa ini berada di tengah-tengah wilayah pertanian Desa Sangsit. Daya tarik dari pura ini adalah hampir semua bagian dari pura ini dihiasi oleh ukiran style Buleleng berbentuk tumbuh-tumbuhan merambat dan motif bunga ciri khas Bali Utara tidak ada bagian yang kosong tanpa ukiran dan yang menonjol dari lingkungan pura ini adalah relief pada tembok luar pura yang menggambarkan ceritera "Bima Swarga", yang pada pokoknya menggambarkan adanya hukuman imbalan yang diterima setiap orang setelah yang bersangkutan meninggal sesuai dengan perbuatannya.

Di bagian tengah atau Jaba tengah terdapat pintu gerbang dalam bentuk paduraksa yang merupakan pintu masuk menuju areal tersuci Jeroan dari Pura Beji Sangsit. Pada pintu gerbang paduraksa tersebut terdapat tiga pintu, dengan pintu utama ada di bagian tengah dan memiliki beberapa anak tangga , diapit oleh pintu yang berada lebih rendah di kanan-kiri pintu di tengah tersebut. Pintu tengah yang merupakan pintu utama, hanya dibuka pada saat upacara-upacara tertentu berlangsung, dan pada saat upacara tersebut, hanya orang-orang tertentu yang bisa melewatinya, antara lain: Pendeta/ Pedanda, Keluarga dari Kasta Brahmana atau Kasta Kesatrya. Sedangkan kasta lainnya serta masyarakat umum keluar-masuk melalui pintu yang berada di kanan-kiri dari pintu tengah tersebut.

Gerbang Paduraksa di bagian Jaba Tengah Pura Beji – Sangsit yang merupakan gerbang masuk menuju areal tersuci Jeroan dari Pura Beji Sangsit, dengan tiga pintu masuk (pintuutama ada di bagian tengah yang diapit dengan pintu di kanan-kirinya). Di bagian paling belakang (paling dalam) adalah areal yang disebut bagian jeroan. Di lokasi inilah yang merupakan wilayah paling suci dari Pura Beji - Sangsit.

0 komentar:

Posting Komentar