Pages

Selamat datang di blog Sunda Kecil, temukan berbagai data arkeologi, budaya lokal, serta spesifikasi Geografis di situs ini

Pura Puseh Sembiran





Pura Puseh Sembiran

Koordinat         : S 08 07 24,98 E 115° 17 12,8 E 
Ketinggian (dpal) : 374,5 meter dari permukaan laut
Objek (bcb) : Pura
Masa : Klasik
Abad/tahun : ---
Tanda alami : disebelah selatan merupakan semak belukar 
Lahan : Pekarangan
Pemilik objek : masyarakat adat
Pengelola : masyarakat
Kondisi        : Cukup terawat
Pemanfaatan sekarang : Sebagai tempat upacara agama
Lokasi : Desa Pakraman Sembiran, Kec. Tejakula, Kab. Buleleng

Deskripsi

Secara horisontal, pura ini terbagi atas 2 halaman. Halaman I, merupakan halaman depan. Untuk masuk ke halaman depan terdapat 2 gapura besar dan kecil. Kedua gapura tersebut berbentuk candi bentar atau gapura gapit. Gapura utama bentuknya lebih besar dan dilengkapi dengan 8 anak tangga. Sedangkan gapura kecil dilengkapi dengan 6 anak tangga. Pada halaman ini terdapat 11 bangunan dan 1 altar.

Halaman II, merupakan halaman belakang. Untuk masuk ke halaman belakang ini terdapat 2 pintu atau gapura berbentuk paduraksa. Untuk melewati kedua gapura harus melalui 4 anak tangga, demikian pula sebaliknya jika akan keluar. Pada halaman ini terdapat beberapa bangunan. Bangunan inti, berdenah bujur sangkar, beratap tumpang 7 yang ditutup denga ijuk. Bangunan ini berdiri di atas batur yang tinggi dengan anak tangga berjumlah 13. 

Di sebelah selatan bangunan inti terdapat 3 bangunan dari kayu. Ketiganya berdenah bujur sangkar dengan ukuran 2,5 x 2,5 m. Di depan bangunan inti terdapat 3 bangunan terbuka yang dibuat dari, berdenah bujur sangkar dengan ukuran 2,5 x 2,5 m. Di sebelah utara bangunan inti terdapat tembok pemisah yang memisahkan halaman utara dengan halaman selatan. Pada halaman utara terdapat 3 bangunan terbuka yang terbuat dari kayu dan berdenah bujur sangkar dengan ukuran 2,5 x 2,5 m.

0 komentar:

Posting Komentar