Pages

Selamat datang di blog Sunda Kecil, temukan berbagai data arkeologi, budaya lokal, serta spesifikasi Geografis di situs ini

Pelukis Samudrawan




Objek : Pelukis Kulit Bawang Samudrawan
Katagori : Budaya Lokal
Koordinat : E115 07 21,1 S08 09 02,1
Ketinggian : 187 mdpl
Lingkungan : Perbukitan
Bentang lahan : Pedataran
Cara tempuh : kendaraan roda 4, jalan kaki
Lokasi administrasi : Desa Nagasepaha, Kec. Buleleng, Kab. 
Buleleng

Deskripsi  

Samodrawan merupakan salah satu pelukis yang sangat kreatif. Terbukti bahwa akhir-akhir ini Samodrawan mengembangkan seni lukis dengan kulit kulit bawang putih. Ide ini muncul pada saat yang bersangkutan pergi ke pasar. Di lokasi ini (pasar) Samodrawan melihat banyak limbah / sampah yang cukup banyak. Salah satu limbah yang ada adalah kulit bawang putih. Melalui pengamatan ini muncullah ide untuk melukis dengan kulit bawang putih. Oleh karena seni lukis kulit bawang putih ini masih tergolong baru, maka hasil karyanya belum akan dijual. Hingga saat ini baru ada 5 lukisan kulit bawang putih. Yang bersangkutan merencanakan untuk mengadakan pameran tunggal. Karena salah satu syaratnya adalah mempunyai lukisan sebanyak 60, maka keinginan tersebut belum terlaksana. Selain seni lukis, Samodrawan juga bergerak di bidang seni patung. Tekait dengan pemasaran hasil karyanya dilakukan dengan 2 cara yaitu dipajang di rumah dan melalui pameran. . Penjualan karya selama ini dititipkan di beberapa galeri lukisan yang ada di Gianyar sehingga harga sangat tergantung pada pemilik galeri lukisan.

Pameran sudah dilakukannya sejak tahun 2002. antara lain di Lombok, Manado, Jakarta, maupun beberapa kota di kawasan Bali. Berikutnya terkait dengan patokan harga yang diberikan terhadap hasil karyanya dilakukan dengan cara melalui galery. Galery akan menentukan harga lukisan berdasarkan jam terbang (yunior/senior/pemula) dan ketenarannya. Selain seni lukis pada kanvas, seniman ini juga mengembangkan seni lukis kaca. Lukis kaca ini telah ditekuni sejak tahun 1991. 

0 komentar:

Posting Komentar