Pages

Selamat datang di blog Sunda Kecil, temukan berbagai data arkeologi, budaya lokal, serta spesifikasi Geografis di situs ini

Perajin Inka




Objek                          : Perajin Inka Nyoman Sutame
Katagori                       : Budaya Lokal
Koordinat                     : E 115 17 07,5  S08 07 35,3
Ketinggian                   : 182 mdpl
Lingkungan alam        : Pemukiman
Bentang lahan             : Perbukitan
Cara tempuh               : kendaraan roda 4
Pemilik objek              : Nyoman Sutama
Jumlah pegawai          : 2 orang (suami dan istri)
Lokasi administrasi     : Desa Pakraman Sembiran, Kec. Tejakula

Deskripsi                     : 

Perajin Inka, bokor, dan dulang berbahan  lidi lontar diproduksi oleh Nyoman Sutama (65 th). Produk yang dibuat berdasarkan pesanan karena tidak memiliki modal yang lebih, sehingga jumlahnya sangat terbatas dan tidak memiliki stok. Lidi lontar banyak diminati pembeli karena memiliki bahan yang lebih kuat jika dibandingkan dengan lidi kelapa, sehingga dapat awet atau tahan   lama.

Kegiatan yang dilakukan perajin ini merupakan kerjasama antara pemilik modal (penyetor bahan dasar yaitu daun lontar) dengan pemilik tenaga (pengrajin). Hasil dari penjualan kerajinan ini dibagi berdua antara perajin dengan pemilik bahan dasar (pemodal). Secara teknis pembuatan kerajinan ini diurutkan sbb. dimulai dengan membersihkan daun lontar untuk diambil lidinya. Lidi direndam air selama setengah hari (12 jam). Proses selanjutnya adalah menganyam lidi. Setelah jadi (bentuk piring dll), benda tersebut dipernis. Pemakaian pernis ini dimaksudkan agar lebih indah dan mudah dibersihkan jika selesai dipakai.

Hasil yang dicapai adalah setiap satu orang dapat menyelesaikan 20 piring selama 1 hari (dengan catatan lidi sudah bersih tinggal menganyam saja). Satu inka dijual dengan harga Rp3500,- hingga Rp4000,-.

0 komentar:

Posting Komentar